Google+

Rabu, 14 September 2011

Buktikan anda tidak terkena diabetes

Diabetes sering dikenal dengan istilah "kencing manis". Hal ini ada benarnya, karena salah satu pengujian sederhana adalah meletakkan urine (air kencing) anda yang telah diwadahi di dekat sarang semut. Jika urine dikerumuni semut itu berarti anda terkena diabetes. 

Apa itu Diabetes?
Diabetes adalah meningkatnya kadar gula dalam darah di atas ambang normal (hiperglikemia). Secara normal kadar gula darah dapat dikontrol secara ketat oleh insulin, yaitu hormon yang diproduksi oleh pankreas. Insulin inilah yang mengikat gula dalam makanan sehingga dapat diserap dan menjadi energi bagi tubuh. Jika hormon ini terganggu maka gula tidak dapat diserap dan akan tertimbun dalam darah.

Diabetes di Indonesia
Angka pengidap diabetes di Indonesia menurut WHO pada tahun 2009 mencapai 8 juta jiwa dan diprediksikan akan mengalami peningkatan menjadi lebih dari 21 jiwa pada tahun 2025. Oleh karenanya Indonesia menempati peringkat empat negara dengan jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia. Sedangkan di Jakarta saja 1 dari 8 orang mengidap diabetes. Angka tersebut sudah termasuk pria maupun wanita, tua dan muda yang memiliki tingkat resiko yang sama.

Gejala Diabetes
Jika anda mengalami hal seperti sering buang air kecil, merasa sering kehausan, sering lapar serta sering mengalami kelelahan, maka jangan dianggap sepele. Periksalah segera kadar gula darah anda untuk memastikan bahwa gejala tersebut bukan gejala gula darah. Jika ternyata anda mengidap diabetes maka terapkan pola hidup sehat. Kurangi makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi, sering berolah raga, makan sayur dan buah-buahan, kurangi pemakaian gula atau makanan dan minuman yang mengandung gula.

Apa dampak dari Diabetes?
Seiring berjalannya waktu, diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh anda. Jenis kerusakan adalah akibat kerusakan pembuluh-pembuluh kecil, disebut sebagai penyakit mikrovaskuler. Kerusakan tersebut dapat berakibat Kebutaan, gagal ginjal dan saraf. Jenis kerusakan lain adalah pengerasan dan penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis), yang menyebabkan stroke, penyakit jantung koroner dan penyakit pembuluh darah besar lainnya. Ini disebut sebagai penyakit makrovaskular.

Bagaimana mencegah dan mengobatinya?
Untuk mencegah diabetes maka sangat penting mengendalikan kadar gula dalam darah dengan cara :
  • Menurunkan berat badan
  • Menghindari makanan berlemak
  • Kurangi makanan manis atau yang berkalori tinggi
  • Minum air yang banyak
  • Berolah raga secara teratur
  • Hindari stress
  • Hindari minuman beralkohol dan softdrink
  • Hindari merokok
  • Minum obat yang dianjurkan dokter atau minum obat herbal yang tepat.
Nirdiab Mengandung dua bahan herbal aktif untuk menurunkan kadar gula dalam darah yaitu :

Adrographis paniculata, mengandung zat andrografolida dan senyawa diterpenoid lakton lainnya yang dapat menurunkan kadar glukose darah dan telah diujicobakan terbukti mencegah terjadinya hiperglikemia (kadar glukose darah yang tinggi).

Morinda citrifolia, mengandung bahan alkaloid dan skopoletin yang terbukti dan dapat menurunkan kadara glukose darah.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Ada kesalahan di dalam gadget ini